Kurang Bisa Menghargai

blog tricks, blog tips, tutorial blog, free download blog templates, tips trik blogAlhamdulillah, sampai hari ini Ayas berhasil menciptakan beberapa free blogger template. Tentu, semua itu hasil dari jerih payah mempelajari seluk beluk tips trick blog, dan dengan bantuan teman2 semua tentunya.

Beberapa free blogger template yang sudah Ayas bikin, beberapa yang banyak peminatnya, misalnya Business Template, Paper Template dan 2 yang terakhir, Newspaper Template dan Black Newspaper Template. Tentunya semua itu masih jauh dari bagus apalagi sempurna, dan masih banyak kekurangannya (maklum masih belajar, hihihi9).

Namun, apapun itu, semua adalah hasil dari jerih payah. Mengaplikasikan trik-trik yang pernah dipelajari, mencari & mempelajari trik yang masih belum ngerti, design layout templatenya, dll. ERORR? wah, bukan 1-2x bos! Mungkin beratus2 kali.

Tapi semua demi pembelajaran. Dan tentunya buat teman blogger juga :).

Dan semua hasil jerih payah itu Ayas diberikan dengan GRATIS alias ga bayar, ga perlu susah payah buat.

Disinilah Ayas merasa sedikit kecewa. Kenapa?


Kurangnya/tidak adanya rasa menghargai.

Credit Link. Sebuah kalimat dan link kecil diantara ribuan link dan kalimat. Semua penyedia template gratis pasti menyertakan sebuah link menuju webnya. Untuk apa? Ayas pikir sekedar informasi, tentang dimana template asli itu bisa didownload. Kecil, tapi begitu berharga. Itu klo dilihat dari segi pemilik template.

Dari segi pemakai? Template yang disediakan gratis, seperti yang sudah Ayas bilang tadi, kita tinggal pakai saja, tidak perlu bayar apalagi susah payah buat. Lalu, beratkah bagi kita untuk memberi sedikit penghargaan kepada pembuat template, hanya sekedar untuk membiarkan Credit Link seperti apa adanya? Sebenarnya semua sudah tau, cuma tidak mau tau.

Dari hasil pemantauan, sebagian besar pemakai template Ayas sudah mengganti link credit nya. Dengan pd nya, mereka mengganti sumber ('template by...') dengan link mereka. Huff, kecewa juga c.

Mungkin ini karena moral bangsa kita, yang lagi 'jeblok2nya'. Plagiatisme, Pembajak, Koruptor, bukan barang baru lagi.

Yah, moga2 aja hal seperti ini bisa jadi bahan instropeksi diri untuk Ayas dan kita semua, untuk bisa lebih menghargai karya orang lain (apalagi klo dah dikasi gratis, hihihi9)

Semoga juga kejadian ini bisa menambah semangat Ayas untuk terus berkarya bikin free blogger templates lagi, tentunya yang lebih cutes free blogger templates. Ato, bikin Premium blogger templates y? hihihi9

Berharap bisa sharing y..temen2 yang dah pengalaman, share donk..

9 comments:

  1. That's human boz..kalo udah dikasih gratis suka lupa ama yg ngasih..sabar ya..

    ReplyDelete
  2. Sabar sodara .........
    pasti ada hikmah dalam segala sesuatunya.
    SEMANGAT ... !

    ReplyDelete
  3. hahaha begitu ya sob yah sabar aja lah yang penting tetep semangat -- dan segala sesuatu kita niati aja untuk beribadah jadi kita tidak akan kecewa
    Masih Alhamdulillah sih dibandingkan dengan aku yang nggak tau kenapa kok ya ada orang yang memfitnah aku padahal perasaan aku tu G berbuat salah yg aku sengaja maupun tidak -- tapi siapa yang tau hati orang
    Tapi dibalik itu semua pasti ada hikmahnya dan memang ternyata dapat aku rasakan langsung
    YANG PENTING TETAP SEMANGAT

    ReplyDelete
  4. semoga makin sukses aja sob,dan sabar yahhhh
    karena saya lihat juga gak cuma km aja pembuat template yang di perlakukan seperti itu
    ngomong2 boleh pesen buatin template gak nihh
    heheheheh

    ReplyDelete
  5. oke oom semangat terus semoga semua yang dilakukan dapat bermanfaat buat oom...

    Btw ada PR unique oom dari saya... silahkan dibaca dulu ya oom....

    ReplyDelete
  6. Mas, saya salah satu pengguna templatenya yg blackpaper itu. Saya sudah coba edit2, tapi tenang aja nama dan credit alamat blog mas masih tetap saya tidak buang. Sy jg ngerti gmn namanya ga dihargai. Kpn2 berkunjung ke blog saya ya, sharing2 ilmu blognya jg ke saya yg msh newbie ini.. salam sukses !!!

    ReplyDelete
  7. jadi males bikin template kalo udah banyak yg buang credit link

    ReplyDelete
  8. Makasih semangatnya temen2..

    @robert siiip patut dihargai..banyak yang harus mencontoh seperti Anda

    @rohman iya kang..jadi males..saya aja ngerasa, apalagi kang rohman, yang template nya ok punya...

    ReplyDelete
  9. waduhhh kyuuuss koq bs yah kyk gt...te2p smgt sweetyq..biarin wes org2 kyk gt ntr kan da balesannya sendiri...

    ReplyDelete

Klo ada pertanyaan, masukan ato tips yang lebih mudah, koment aja y..Insya Allah Ayas bales.. Thanks all..moga2 bermanfaat

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz