Membuat Daftar Isi Berdasarkan Kategori / Label

Pernah baca buku? Klo blum, ayas bisa pastikan kmu belum bisa baca. Y kanss??? Nah, buat yang sering (paling g pernah) baca buku, pasti g asing lagi dengan yang namanya 'Daftar Isi'. Daftar isi memuat semua judul yang ada di buku.

Bagimana jika Daftar Isi ada di Blog?? Yang pasti, pengunjung akan lebih mudah dan cepat tau, apa j isi blogmu, dan lebih cepat juga mengaksesnya, karena cukup meng-klik judul atau kategori yang diinginkan.


Sebagai contoh, yang ada diblog ayas ni. Ada Daftar Isinya kan? kalo mw baca salah satu, tinggal klik j. Bagaimana caranya? Bukan suatu yang sulit...

Pertama, setelah selesai memposting, perhatikan kiri bawah kotak postingan:


Nah, itu adalah kotak untuk mengisikan kategori Postingan mu, atau judul postingan. Nantinya, apa yang kita tuliskan disitu akan muncul pada daftar isi. Bisa disikan dengan lbih dari 1 kategori untuk sebuah postingan. Misalnya, postingan mu termasuk dalam kategori 'Olah Raga', tapi juga bisa dikategorikan 'Pengalamanku'.

Setelah selesai menuliskan Kategori, Publikasikan Posting seperti biasa.

Langkah selanjutnya, menuju pada menu 'Tata Letak'. Pilih tambah Gadget. Akan ada beberapa Gadget. Pilih yang tambah label.


Setelah terpilih, beri nama daftar isi. Misalnya 'Daftar Isi' atau 'lihat disini....' dsb. Selanjutnya ada 2 opsi untk label kmu, yaitu apakah akan di urutkan secara Alphabetic, atau berdasarkan jumlah postingan pada label (kategori) yang sama. Dibawahnya akan ada preview, label/judul apa saja yang akan muncul.

Jika sudah selesai, simpan segera, sebelum tu2p warnetnya:):). Lihat blog kmu.

Selamat mencoba.........

4 comments:

  1. makasih atas ilmunya, kalau aq pingin pasang link blog kamu gmana crnya, hrp maklum aq baru belajar, mau kan berbagi

    ReplyDelete
  2. terimakasih ya pak..semoga slalu sukses dan sehat ya..salam dr yos...kunjungi jg blog sy dan tlg beri saran..trms

    ReplyDelete
  3. simple tapi sangat bermanfaat.......mantap kang..:)

    ReplyDelete
  4. kunjungan... maap gan mau tanya jika ingin membuat daftar isi seperti blogs ini bagaimana ya caranya... bagus banget tuh daftar isi di blogs ini soalnya di arahkan dua kali baru sampai ke artikel full posting , mohon pencerahannya gan maklum masih belajar nge blogs hehehe... sekalian nitip blogs gan yang masih butuh bimbingan http://brotherrickyxp.blogspot.com/ terimakasih

    ReplyDelete

Klo ada pertanyaan, masukan ato tips yang lebih mudah, koment aja y..Insya Allah Ayas bales.. Thanks all..moga2 bermanfaat

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz